Menampilkan Jumlah Query Database di WordPress

Menampilkan Jumlah Query Database di WordPress

Posted on

Menampilkan Jumlah Query Database di WordPress. Oke ini hanyalah catatan pribadi tentang bagaimana cara menampilkan jumlah query yang dieksekusi dalam sekali load di blog WordPress. Mungkin bagi kalian juga ada yang pernah melihat di footer web yang outputnya seperti ini “62 queries in 0.13 seconds“.

Cara menampilkannya sangat mudah hanya dengan dua function yang sudah tersedia di core WordPress yakni get_num_queries dan timer_stop.

get_num_queries

Menurut referensi dari wordpress.org, fungsi get_num_queries() digunakan untuk mengambil jumlah query database saat eksekusi WordPress. Outputnya berbentuk integer.

timer_stop

Sedangkan fungsi timer_stop() digunakan untuk mengambil atau menampilkan total waktu yang dimulai ketika fungsi tersebut dipanggil. Formatnya adalah sebagai berikut:

timer_stop( int|bool $display, int $precision = 3 )

$display bisa bernilai 1 atau true untuk echo, maupun 0 atau false untuk return. Sementara $precision adalah jumlah digit dibelakang koma yang ingin ditampilkan. Defaultnya bernilai 3, namun bisa disesuaikan sendiri.

Menampilkan Jumlah Query Database

Berikut contoh jika kita ingin menampilkan query dengan keakuratan waktu dua digit dibelakang koma.

<?php echo get_num_queries(); ?> queries in <?php timer_stop(true, 2); ?> seconds

Tambahkan di footer atau dimanapun kalian ingin menampilkannya. Berikut contoh outputnya:

Oke mungkin sekian tutorial singkat kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar.

Referensi

Budak korporat yang hobi nulis. Pengguna Kali Linux sebagai daily driver. Kadang nonton anime di waktu luang.